Powered By Blogger

Monday, May 8, 2017

8 Makanan Khas Singkawang yang Musti Kamu Cicipi



Doc. Pribad

Singkawang adalah kota yang terkenal di Kalimantan Barat. Keindahan kota dan budaya yang khas membuat para wisatawan tertarik berkunjung ke kota Singkawang. Selain keindahan kota dan budaya, Singkawang tersimpan kuliner yang khas yang menakjubkan. Kuliner yang khas ini biasanya membuat kalian tidak bakal melupakan rasanya. Berikut ialah 8 makanan yang musti kamu cicipi jika kamu ke Singkawang:

1. Bakso 68

Bagi yang pernah ke Singkawang pasti tidak akan melewatkan makan bakso 68 yang sudah  sangat terkenal. Bukan hanya warga Singkawang yang senang makan bakso 68 tetapi juga kalangan artis nasional, wisatawan asing, dan pejabat Indonesia pastinya tidak akan melewatkan untuk makan bakso ini. Uniknya bakso 68 ini ialah dalam semangkok bakso bukan hanya bakso sapinya saja tetapi di tambah dengan daging sapi seperti daging babat juga dan ada atraksi tambahan yaitu lemparan mie  ke mangkuk saat menghidangkan bakso dari penjualnya. Pokonya seru banget kalau kalian makan di Bakso 68 yang berada di jalan Diponegoro. Kalian jangan heran kalau dinding rumah makan penuh dengan foto orang- orang terkenal karena jika kamu termasuk orang terkenal pasti kamu bakal di ajak foto oleh pemilik Bakso 68 dan foto kamu bakal di pajang.

2. Choi Pan

Choi pan adalah kuliner paling terfavorit bagi warga Singkawang. Selain murah, enak dan rasanya beragam. Varian rasa yang terdapat di dalam isi choi pan tersebut ialah mulai dari bengkoang, kucai, dan rebung. Choi pan yang dikukus lebih enak daripada yang digoreng karena yang dikukus lebih terasa gurih. Makanan ini pastinya 100% halal karena bahan-bahan makanannya berupa tepung kanji, udang ebi dan isi choi pan tersebut (bengkoang, kucai dan rebung).

3. Han Pan

Han Pan adalah cemilan yang enak yang terbuat dari tepung beras, lobak manis, daun bawang dan udang ebi. Han pan disajikan dengan sambal cabe yang pedas. Makanan ini sangat lembut ketika dimasukkan ke mulut. Cemilan Han pan sepotong kotak kecil seharga Rp. 1000,- . Makanan ini di jual di Food Truck pada sore hingga malam hari di depan Fun Station Singkawang. Han pan sangat cocok di hidangkan dengan minuman segar seperti Teh es. 

4. Bubur Gunting

Bagi pertama kali dengar nama makanan ini pasti heran karena ada selipan kata "gunting".  Bubur gunting ialah makanan jajanan yang unik karena proses pembuatannya harus menggunakan gunting untuk memotong roti.Jadi bubur gunting ini terdiri dari roti yang di gunting, kuah gula yang manis yang terdapat kacang kedelai. Makanan ini biasa di jual di pinggir jalan Antasari. Makanan ini sangat enak sehingga tidak aneh kalau siang hari pasti bubur gunting sudah habis, jadi kalau ingin membeli musti datang agak awal.

5. Bubur Pedas

Ini ini makanna yang paling ciri khas dan tidak ada di tempat lain. Bubur yang penuh sayur dan rasanya pedas. Bubur ini terasa pedas karena daun kesum tetapi walau sudah pedas lebih enak lagi ditambah cabe lagi makannya. Asal muasal bubur pedas ini berasal dari Sambas. Karena di Singkawawng kebanyakan orang melayunya ialah dari Sambas makanya bubur pedas ini bisa ditemukan juga di Kota Singkawang. Bubur pedas ini unik karena terbuat dari beras yang disangrai, apalagi di campurkan dengan daun kesum membuat rasanya semakin khas. Bubur pedas ada beberapa pilihan seperti bubur pedas tulang sapi, bubur pedas kikil dan bubur pedas teri. Semua pilihan bubur pedas enak semua, kalian pasti tidak menyesal mencobanya.

6. Tahu Singkawang

Tahu Singkawang memang menjadi makanan incaran para wisatawan. Tahu Singkawang tidak kalah nikmat dengan tahu sumedang karena tahu ini segar, empuk dan gurih. Tahu singkawamg sangat cocok disajikan dengan sambal cabe dan kecap manis. Tahu Singkawang biasanya dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung baik yang masih mentah maupun yang digoreng. Biasanya tahu Singkawang dibeli wisatawan langsung di pabriknya karena alasan lebih segar. Bagi yang tertarik makan tahu Singkawang silahkan datang ke Kota Singkawang

7. Rujak Thai Pu ji Singkawang

Rujak Thai Pu Ji adalah rujak yang wajib sekali dicicipi karena beda dari rujak pada umumnya. Rujak disajikan dengan buah-buahan segar, sambal rujak dengan kacang tanah, bubuk udang ebi dan kerupuk melinjo. Bagi yang pertama kali cicipi pasti ketagihan dan tidak bakal lupain rasa khasnya. Jika anda berminat datang saja ke warung yang Rujak Thai Pu ji berada di jalan Muslimin Ismail No.8, Condong, Singkawang Tengah. Jika anda pecinta rujak jangan sampai lupa makan rujak Thai Pu ji, ya!

8. Mie Asuk

Mie Asuk adalah mie khetiaw yang terdiri dari mie khetiaw, telur, sayur cangkok manis, kecap dan telur urak- arik. Rasanya sangat enak apalagi dimakan disaat musim penghujan. Nama mie asuk untuk makanan ini ialah karena zaman dulu mie ini kebanyakan penjualnya paman-paman tionghoa yang panggilannya asuk tetapi zaman sekarang sudah banyak penjualnya wanita. Kalian jangan ragu makan mie asuk ini karena mie ini 100 %  halal. Silahkan mencoba!

No comments:

Post a Comment